KIM KKJ Gelar Pelatihan TIK





PONOROGO - Kelompok Informasi Masyarakat Karanglo Kidul Jurnalis memberikan pelatihan pengenalan TIK untuk yang pertama kalinya kepada anak anak SD bertempat di rumah bang Sipur Dusun Kiringan Desa Karanglo kidul.(05/11).

Menurut Imam selaku Bidang Penyebaran Informasi  Kegiatan KIM KKJ adalah Dalam menyikapi Era globalisasi sekarang ini, karena pemerintah sedang menggalakkan pentingnya pendidikan anak usia dini. Untuk menciptakan generasi-generasi yang lebih unggul, juga nantinya mampu bersaing tinggi kelak ketika mereka dewasa dan juga tidak melupakan nilai-nilai moral dan budaya bangsa Indonesia. Karena anak usia dini merupakan masa golden age. Dimana terbentuknya pertumbuhan dan perkembangan otak pada masa-masa usia dini sekitar 0-8 tahun mencapai 80% pertumbuhan dan perkembangan pada otak manusia. Ibaratnya sebuah spon mereka mampu dan cepat menyerap ilmu atau apapun yang mereka terima, yang diberikan lingkungannya pada masa pertumbuhan dan perkembanganya.Ucap Imam.(05/11).

"Anak-anak usia dini sangat cepat dan mudah sekali belajar seraya bermain, yang terkadang kita sebagai orang tua atau  juga sebagai pendidik anak usia dini. Tidak boleh melupakan pengawasaan dalam pembelajaran yang menggunakan sumber belajar TIK. Agar anak-anak tidak jauh melenceng dari pengenalan pembelajaran yang kita harapkan pada tujuan semula menjadikan TIK sebagai sumber belajar yang cocok dan pantas bagi anak usia dini. Karena sebagai mana kita tau. selain TIK memiliki dampak positif dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam belajar, juga memiliki dampak negative jika kita kurang ataupun lengah terhadap pengawasan dalam pembelajaran yang menggunakan TIK. Oleh karena itu hendaknya segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan pembelajaran TIK, anak perlu pengawasan dan pembelajaran yang seimbang dengan jiwa dan kebutuhan pembelajaran, sehingga anak ataupun peserta didik tidak salah menggunakan pemanfaatan perkembangan teknologi pembelajaran,Maka daripada itu di sini peran KIM KKJ selaku kelompok Informasi Desa sangat di butuhkan oleh anak anak Sekolah Dasar maupun Masyarakat".
imbuh Imam.berharap.(05/11).

Kegiatan ini di ikuti oleh beberapa anak anak SD di Dusun Kiringan Desa Karanglo kidul Kecamatan jambon Kabupaten Ponorogo.

No comments